Trending Post...

Tuesday, November 11, 2008

Waduuuhhhh.....gigiku snutz-snutz....


hai ketemu lagi, posting kali ini berisi tentang NGILU bin LINU :). sebenarnya ngilu yang bagaimana si yang harus segera diperiksakan???trus apa harus dicabut???

ngilu sebenarnya adalah respon terhadap adanya rangsang, misalnya panas, dingin atau udara yang lewat, rangsang bisa juga disebabkan oleh perbedaan tekanan, misal pada ketinggian yang berbeda. sudah jadi rahasia umum kalo orang indonesia kebanyakan baru priksa kalo udah sakit banget dan kalo udah begitu biasanya trus minta dicabut. kebetulan blog ini agak beraliran anti mencabut, bukan karena saya takut (sebaliknya malah hehehehe....) tapi ya karena sebenarnya doktergigi bukanlah tukang cabut, tindakan pencabutan hanya dilakukan bila gigi memang sudah benar2 hopeless dan/atau menjadi sumber infeksi yang membahayakan.

Balik lagi ke nyeri, nyeri ada beberapa macam, biasanya nyeri yang bisa bikin ga tidur semaleman, makan ga enak, males pacaran, males mandi, de el el adalah jenis yang mampu membuat orang "bertobat" dan mau pergi ke dokter, tanda-tandanya adalah, nyeri jenis ini bisa muncul spontan tanpa rangsang apapun dan berlangsung cukup lama (beberapa menit sampai beberapa jam) atau apabila disebabkan oleh rangsang tertentu, rasa nyerinya akan menetap lama walaupun rangsang sudah dihilangkan. misalnya habis minum dingin trus ngilu tapi setelah tidak minum rasa ngilu tersebut masih ada bahkan semakin ngilu. Pada tahap ini sudah terjadi infeksi bakteri dan racun2nya ke dalam isi saluran akar gigi (pulpa-red, bc artikel dok, lobang kecil kok atiiiit?) sehingga pulpa yang juga berisi saraf tersebut sedang sekarat mau mati. trus gimana dong kalo dah kaya gini??? apa perlu dicabut? kalo saran saya tanyakan dulu pada dokter apakah bisa dipertahankan.

Kalo dokter bilang bisa dipertahankan, maka akan dilakukan perawatan saluran akar, saluran tadi akan dibersihkan dari bakteri dan diisi dengan bahan pengisi. gigi tersebut bisa langsung ditambal maupun dibuatkan mahkota jaket.

Trus kalo yang cuma snut-snut dikit gimana??? nah kalo yang jenis itu saran saya jangan dipiara, segera pergi ke dokter gigi agar nantinya tidak berkembang menjadi lebih buruk. kalo masih takut, tanya2 dulu boleh kok dan sama sekali ga dilarang, pasien-pasien saya di klinik RSGM dulu juga seperti itu, dan saya sama sekali ga berkeberatan walaupun terancam kehilangan poin pekerjaan hehehhe....yaaah itung-itung latihan sabar dan membantu sesama, kan orang takut itu sangat manusiawi tapi abis dijelasin, mereka mengerti kok dan mau untuk dirawat ,masih ada yang hobi dicabut??? hari gini dicabut??? CAbut deeehhhh....(capek maksudnya-red)

No comments: