Trending Post...

Friday, November 21, 2008

prosedur anestesi untuk Exo premolar satu mandibula


posting kali ini masih seputar bedah ya....(lagi mo nostalgia plus berbagi pengalaman hehe....). ok kali ini masih seputar anestesi di rahang kita yang bergerak alias rahang bawah. posting sebelumnya kita udah membahas tentang blok nervus alveolaris inferior untuk gigi-gigi posterior rahang bawah, kali ini masih gigi posterior tapi agak depan alias premolar satu yang biasanya sering dicabut untuk keperluan perawatan orto. secara anatomis, gigi ini juga diinervasi oleh n. alv. inferior tapi perlu diingat juga bahwa nervus ini ketika berjalan melalui kanalis mandibularis akan keluar dari foramen mentale menjadi nervus mentale yang berada di antara apeks gigi Premolar satu dan dua.
melihat dari struktur anatomisnya maka untuk mencabut gigi tersebut tentunya tidak perlu dilakukan anestesi blok mandibula, akan lebih bijak kalo dilakukan blok nervus mentalis, kalau injeksinya tepat sasaran maka injeksi blok tersebut sudah adekuat untuk dapat dilakukan pencabutan. Bahkan dalam beberapa kasus injeksi anestesi infiltrasi bukal lingual juga sudah cukup untuk dilakukan ekstraksi.
Well, dari keterangan dari posting ini tentunya kita akan lebih bijak untuk melakukan suatu tindakan apalagi ada hubungan sama cuntik-cuntikan....,jangan cuma katanya si Anu ato menurut si Una dan masih banyak katanya katanya yang lain tapi dilihat dari segi anatomisnya juga....semoga bermanfaat...

2 comments:

Anonymous said...

I really like when people are expressing their opinion and thought. So I like the way you are writing

dentisia said...

to anonymous:
thanks u, it was simply when nobody express their thought who would ever know