Trending Post...

Friday, January 16, 2009

wah gawat....citoject oh citoject...


apa yang saya tulis kali ini berkaitan dengan kejadian yang saya alami sendiri. teman2 pasti sudah tidak asing dengan apa yang dinamakan dengan suntikan intraligamental yang salah satu produk syringe-nya adalah citoject buatan Haeraus-Kulzer. bukan merk yang akan saya angkat di sini tapi indikasi jenis suntikan ini yang kadang-kadang diselewengkan.

dalam protap deponir suatu cairan anestesi, diperlukan adanya suatu aspirasi, tujuan dilakukannya aspirasi adalah untuk mengetahui apakah terjadi trauma pada pembuluh darah yang dapat mengakibatkan masuknya cairan anestesi ke dalam sirkulasi darah, tau sendiri kan efeknya???

dalam prosedur ekstraksi biasanya injeksi intraligamental digunakan untuk meningkatkan efek anestesi/penunjang pada anestesi blok. atau digunakan pada kasus dimana terdapat inflamasi sehingga tidak memungkinkan digunakan metode infiltrasi. trus kok gawat kenapa ????

ketika menghadapi pasien di klinik terkadang operator sering menggampangkan suatu prosedur anestesi dan cenderung tidak memahami jenis anestesi yang akan digunakan. bahkan metode anestesi masing-masing jenis syringe pun sering tidak dipahami sehingga sering terjadi penggunaan syringe jet (intraligamental syringe) untuk melakukan prosedur blok maupun infiltrasi. bagaimana mungkin hal ini "tega dilakukan", padahal aspirasi dalam teknik anestesi sangat mutlak dilakukan, bahkan pada regio palatal pun menurut Malamed perlu untuk dilakukan aspirasi pada regio tertentu yang dicurigai terdapat pembuluh darah.

semoga tulisan kecil ini dapat menjadi pertimbangan dan masukan, salam !

5 comments:

widyanita said...

bener put.. makanya ak blm pengen invest citoject.. hehehe selain krn lom ckp modal.. takutnya keenakan trus bablas anestesi tanpa aspirasi lg..

FIDA INTERNATIONAL said...

Good day & we have a look on CITOJECT Syringe. We would like to let you know that we are manufacturer of CITOJECT Syringe in our own Model that is very comfirtable and easy in USE. Further Detail please visit at: www.fidaintel.com
info@fidaintel.com

FIDA INTERNATIONAL said...

Selamat siang & kita harus melihat pada CITOJECT Jarum suntik. Kami ingin memberitahu Anda tahu bahwa kita adalah produsen CITOJECT Model Jarum suntik di kita sendiri yang sangat comfirtable dan mudah dalam USE. Detail lebih lanjut silakan kunjungi di: www.fidaintel.com
info@fidaintel.com

CURIO SHINE INTERNATIONAL said...

Kami bangga untuk menawarkan kualitas yang luar biasa jarum suntik Intraligamental Anestesi dengan warna yang berbeda yang indah, mampu membayar harga dan layanan yang handal sebagai produsen langsung dan pemasok.

Kunjungi kami: www.csisurgical.com / www.dental-instruments.itrademarket.com


Kirim email kita: irfan@csisurgical.com

CURIO SHINE INTERNATIONAL said...

We are proud to offer you superb quality Intraligamental Anesthesia Syringe with different beautiful colors, afford able prices and reliable services as a direct manufacturer and supplier.

Visit us: www.csisurgical.com / www.dental-instruments.itrademarket.com

Email us: irfan@csisurgical.com