Trending Post...

Thursday, January 20, 2011

Karang Gigi: dibuang aja dan Pasti Untung

Coba sekali waktu menengok gigi dengan lebih teliti, apakah sudah muncul bentukan seperti endapan coklat kehitaman di gigi? kalau disentuh teraba keras dan tidak hilang walaupun sudah disikat keras-keras. Kalau benar ada berarti sudah saatnya anda berkunjung ke dokter gigi dan membersihkannya.

Karang gigi memang tampak sepele karena sebagian besar tidak sakit tapi ada beberapa kerugian yang cukup mengganggu. Misalnya yang paling mudah, karang gigi yang sudah tertumpuk banyak akan membuat mulut anda berbau (halitosis), mengapa demikian? karang gigi akan membuat makanan sulit dibersihkan secara alami oleh air ludah, sehingga sisa makanan yang tertumpuk akan menjadi bahan makanan bagi bakteri. Aktifitas bakteri akan membuat suasana asam. Suasanan asam akan menjadi sebuah lingkungan ideal untuk perkembangbiakan bakteri selanjutnya. Konsentrasi bakteri tinggi dan aktifitasnya yang menghasilkan senyawa sulfida akan membuat mulut anda berbau tidak sedap.

Sisa makanan yang tertinggal, konsentrasi bakteri yang tinggi akan berdampak pula bagi kesehatan gigi dan jaringan pendukungnya. Pada gigi misalnya, tumpukan sisa makanan yang mudah menempel pada karang gigi akan menjadi bahan makanan bagi bakteri, aktifitas bakteri akan menghasilkan suasana asam dan suasana asam tidak menguntungkan bagi struktur gigi, timbulah lubang gigi. 

tumpukan sisa makanan dan aktifitas bakteri juga akan membuat infeksi lokal sampai dengan menyeluruh pada jaringan pendukung gigi seperti gusi, tulang alveolar (pemegang gigi) dan serabut periodontal (yang menghubungkan gigi dengan dinding tulang alveolar. Yang akan tampak terpengaruh biasanya adalah tulang alveolarnya. Lama kelamaan tulang akan rusak dan semakin berkurang sehingga pada kasus yang parah dapat mengakibatkan lepasnya gigi (gigi tampak memanjang).

Sangat menggganggu bukan? solusinya sederhana, kunjungi dokter gigi terdekat secara teratur setiap 6 bulan sekali. Dalam 1 jam gigi anda akan bersih dan jaringan pendukung gigi anda menjadi lebih sehat. Jadi mending dibuang aja kan?

No comments: