Trending Post...

Friday, June 4, 2010

Periodontal Abses vs alveolar abses: case report


Salam sahabat denta....
beberapa hari yang lalu saya mendapat pasien anak perempuan usia 12 tahun dengan keluhan bengkak gusi di gigi 85 sejak 5 hari yang lalu dan rasa sakit pada daerah rahang bawah sebelah kanan. Pemeriksaan obyektif tampak pembesaran gingiva di antara gigi 44 yang baru mulai tumbuh dan 85 dengan fluktuasi positif. Gigi 85 berlubang besar di sebelah mesioproksimooklusal. Pasien mengatakan bengkaknya pecah sebelum pergi ke klinik. kondisi sistemik, KU baik, subfebris LN submandibular teraba.
Pemeriksaan selanjutnya diperoleh perkusi (+,sakit), sondasi (-), CE (-). DD 1: Gumboil, DD 2: periodontal abses. Belum ditegakkan diagnosis final karena terdapat keraguan yaitu tanda utama alveolar abses yaitu gigi yang non vital meskipun sondasi maupun CE (-), penulis berpendapat bahwa ada kemungkinan rasa ngilu tersamar rasa sakit akibat radang. dilakukan debridement pada daerah radang, pembesihan gigi yang karies dan irigasi dengan cairan antiseptik hexadol kemudian dilakukan dressing dengan kapas iod kemudian kavitas ditutup dengan kapas. medikasi diberikan antibiotik gabungan untuk bakteri aerob dan anaerob dengan dosis disesuaikan untuk anak-anak, ibuprofen sirup dan paracetamol sirup. Observasi dilakukan 5 hari kemudian, tampak abses mulai sembuh dengan baik, dilakukan tes vitalitas, sondasi dan CE (+, ngilu), perkusi (-), dengan fakta pada waktu kontrol ditegakkan diagnosis periodontal abses yang disebabkan oleh terjebaknya makanan (food trapped) dengan akses masuk pada kavitas proksimal gigi 85. Kemudian dilakukan debridement lagi, aplikasi cavity cleanser, kalsium hidroksid light cured dan GIC, pasien pulang dengan senyum.....:)

4 comments:

Unknown said...

mas,sudah diresepkan ibuprofen kenapa parasetamol jg?bukannya jd tumpang tindih ya..CMIIW..

Dimas Cahya Saputra said...

halo nunik, titik tangkapnya beda, kalo parasetamol lebih ke analgesik antipiretik, kalo ibuprofen antiinflamasi analgesik,:)

Anonymous said...

mas, apa bedanya abses periapikal saama gumboil?

vera k said...

mas kmrn aq dpt pasien abses mpe EO tmpk asimetriny...g ada karies,OH buruk,ta tegakn diagnsisny abses periodontal deh,ada fistulany d dkt gg 46,n poket d sktr mesiobukal gg 1 cm...abses periodontal g c tu? btw bgs qta ksh ibuprofen atw Kdiklofenak y mas?