Trending Post...

Wednesday, June 9, 2010

Kegagalan 3mix pada kasus pulpitis ireversibel kronis: case report


Case: wanita 29 tahun datang dengan keluhan bengkak pada regio kiri bawah, sakit berdenyut. 3 hari yang lalu datang ke dokter gigi lain untuk memeriksakan giginya yang terasa sakit buat makan dan terasa berdenyut. Gigi tersebut sudah pernah ditambal oleh mahasiswa kedokteran gigi +/- 3 tahun yang lalu. oleh dokter gigi dilakukan pembukaan kamar pulpa, diberikan dressing 3 mix dan ditumpat sementara. 2 hari kemudian gigi tersebut terasa lebih sakit dan muncul bengkak, pasien minum obat antibiotik dan antiinflamasi tapi sakit hanya berkurang sedikit, pasien memutuskan untuk mencari second opinion.
Pada pemeriksaan obyektif ditemukan gigi 35 yang ditumpat dengan tumpatan sementara, perkusi (+, sakit), CE (-). Palpasi terdapat pembengkakan konsistensi keras fluktuasi (-) yang meluas dari gigi 34 sampai sisi distal 35. Terdapat kegoyahan derajat 1. DD: nekrose pulpa akut, gangren pulpa akut. Kemudian dilakukan pembukaan tumpatan sementara. Asumsi penulis bahwa dokter gigi sebelumnya telah melakukan pengambilan jaringan pulpa kemudian diberikan dressing  3MIX-MP. Ternyata ketika mata bur masuk cukup dalam keluar darah segar cukup lumayan. Dilakukan penanganan bleeding. Penulis kemudian memperkirakan bahwa jaringan pulpa belum terambil dengan sempurna. Karena pada kondisi inflamasi, maka jaringan yang tersisa akan berproliferasi dengan cepat. Kemudian penulis memutuskan untuk mengambil sisa jaringan pulpa dengan barbed broach warna merah dan benar dugaan penulis bahwa masih ada sisa jaringan. Kemudian dilakukan preparasi biomekanis dengan MAF = 25, dilakukan dressing eugenol dan ditutup dengan kapas. Diberikan medikasi antibiotik gabungan golongan aerob dan anaerob, antiinflamasi dan analgesik. Observasi selama 3-5 hari untuk kunjungan kontrol.
Kesimpulan, pada kasus dimana sudah ditemukan tendensi pulpa yang terinfeksi (ada kontaminasi bakteri/toksin pada jaringan pulpa) sebaiknya jangan dilakukan aplikasi menggunakan 3MIX-MP tanpa dilakukan pengambilan jaringan yang terinfeksi.  3MIX-MP mungkin dapat digunakan sebatas untuk dressing. Menurut penulis, perawatan saluran akar (PSA) masih merupakan pilihan tindakan yang rasional untuk kasus pulpitis irreversibel kronis.

1 comment:

Unknown said...

Apa ya obat antibiotik yg merupakan gabungan AB Aerob dan AB Anaerob?