Trending Post...

Sunday, December 5, 2010

Tips n' Trick : Tumpatan Kelas IV dengan Warna Komposit Tidak Lengkap

pernahkah anda jengkel dengan hasil restorasi tumpatan klas IV anda? atau pernahkah anda kena komplain pasien karena warna giginya berbeda terlalu mencolok? kalau pernah maka normal saja, apa yang perlu anda lakukan hanya melakukan tindakan yang solutif dan aplikatif.

solusi paling cepat tentu saja sediakan warna dengan lengkap selengkap-lengkapnya, dengan ini maka kemungkinan warna yang belang akan terminimalisir. Tapi apakah memang tidak ada jalan lain? ya kalau dekat dengan supplier, ya kalau budget ada, kalau keadaan serba tidak memungkinkan dan anda menginginkan dapat memberi pelayanan optimal, saya akan berbagi sedikit tips tentang masalah tersebut.

masalah utama kasus tumpatan klas IV pada umumnya adalah warna yang tidak sesuai dengan gigi yang sehat atau warna dentin yang terlalu terang. kalau tersedia opaquer maka tidak menjadi masalah, namun biasanya pada klinik yang biasa-biasa saja (seperti punya saya tentunya-red) maka biasanya hanya tersedia warna dentin yang universal. Bahan ini cukup bagus namun pada umumnya tampak terlalu opaque. Hasilnya apabila sudah diaplikasikan komposit universal kemudian biasanya warna dentin akan lebih menonjol, tampak cenderung lebih putih mengingat warna komposit universal lebih translusen. 

Nah mari sedikit saya sharing tentang apa yang biasanya saya lakukan pada kasus tersebut. ambil contoh misalnya pasien setelah dicocokkan dengan shade guide memiliki warna A 3,5 (harap jangan berpatokan hanya dengan shade guide, bisa digunakan komposit yang dikeraskan tanpa etsa-bonding kemudian disinar, lihat kecocokannya), baiklah kita kita sudah dapat A 3,5 kemudian lakukan prosedur pembuatan dinding palatinal, bisa dengan teknik selluloid strip maupun dengan mock up(bentuk dinding palatal sampai separo incisolabial dengan komposit yang sudah Expired kemudian disinar tanpa etsa-bonding, cetak dengan PVS tanpa bagian labialnya. kemudian buat dinding palatal dengan cetakan PVS tersebut). sesudah dinding palatinal lanjutkan dengan warna dentin, gunakan warna dentin universal kemudian bentuk efek mamelonnya. trik akan dimulai setelah tahap ini, kalau anda langsung menggunakan komposit universal warna A 3,5 maka yang terjadi warna dentin akan tampak lebih opaque. Solusinya gunakan warna 1 tingkat lebih muda dari warna gigi pasien untuk melapisi komposit dentin universal, jadai dalam kasus ini gunakan warna komposit universal A 3 untuk melapisi komposit dentin universal yang opaque tadi. baru kemudian gunakan warna gigi pasien A 3,5 untuk lapisan selanjutnya. langkah terakhir gunakan warna enamel dan bahan glossy. Lakukan finishing dan polishing dan anda akan mendapati restorasi yang berbeda dibandingkan apa yang sudah biasa dilakukan. 

Hasil yang didapat memang tidak sesempurna apabila terdapat kelengkapan warna namun dari beberapa kasus yang pernah saya lakukan pada umumnya pasien puas. Selamat mencoba tips ini namun saya harus mengakui bahwa solusi yang paling ideal adalah menggunakan warna dentin yang sesuai. Salam

No comments: