Trending Post...

Friday, December 10, 2010

Orthodontik Cekat: haramkah untuk General Dentist?

Fenomena behel semakin lama semakin menjadi tren di kalangan anak muda, bahkan di beberapa tempat menjadi sebuah standar "gaul" anak muda. Tidak jarang seseorang datang ke tempat praktek dokter gigi untuk pemasangan kawat gigi padahal susunan giginya sudah rapi dan dapat dipastikan hasil perawatan tidak signifikan. Fenomena ini menjadi sebuah lahan yang subur bagi rekan-rekan sejawat dokter gigi yang tidak mengambil spesialisasi ortodonsi untuk melakukan pemasangan kawat orto.

Pertanyaan yang muncul kemudian adalah, adakah batasan kasus dimana terdapat peluang seorang dokter gigi umum dapat melakukan perawatan othodontik cekat? logikanya adalah, ilmu ortodontik sebagaimana ilmu-ilmu di kedokteran gigi lainnya selalu berkaitan dengan perkembangan teknologi, dimana terdapat semacam "bantuan" bagi user dalam hal ini dokter gigi umum untuk dapat menggunakannya juga dengan batasan kasus tertentu. Ibarat dalam ilmu bedah mulut, dengan level resiko tertentu akan ada sebuah tingkatan penanganan kasus yang dapat dikerjakan oleh dokter gigi umum. 

Memang benar bahwa setiap jenis perawatan akan selalu ada sebuah resiko, terlebih bahwa yang ditangani adalah manusia. jika memang demikian apakah tidak sebaiknya diberikan batasan yang jelas kasus mana yang dapat dirawat dengan pesawat othodontik cekat dan mana yang tidak, langkah selanjutnya adalah memberikan semacam panduan perawatan menggunakan alat orthodontik cekat yang benar atau memasukkan ke dalam kurikulum pendidikan dokter gigi. Hal ini akan memberikan keuntungan diantaranya, kemampuan sejawat dokter gigi umum akan meningkat, mengetahui dengan pasti level mana yang dapat dikerjakan sejawat dokter gigi umum dan resiko ke pasien dapat diminimalkan.

Wacana ini hendaknya diterima dengan hati yang jernih, penulis yakin akan banyak pro kontra karena masalah kewenangan adalah masalah yang melibatkan berbagai dimensi. semoga bermanfaat.

2 comments:

Anonymous said...

Hello dudes, I'm Robert from Japan I'm fond of English studies and television. I work for a video game qa company. I enjoy spending time here

dimas said...

thanks Robert, have fun... :D