Trending Post...

Thursday, February 24, 2011

Habis gelap terbitlah terang bersama Alegra Handpiece with LED

di dalam ruang praktek ada dua hal yang menjadi musuh abadi seorang dokter gigi saat mengerjakan pasien, yang pertama ludah atau saliva dan yang kedua adalah rongga mulut yang gelap. Ludah biasa diatasi dengan saliva ejector sedangkan kegelapan rongga mulut masih menjadi masalah yang belum sepenuhnya teratasi. Perlu diperhatikan bahwa keadaan yang tidak mendukung seperti rongga mulut yang gelap sering berujung pada buruknya hasil perawatan, hasil perawatan yang buruk akan menjadi cikal bakal masalah yang berikutnya, masalah yang terus menerus muncul pada akhirnya akan menurunkan kredibilitas dokter gigi. Keadaan ini tentu tidak dapat dibiarkan, adakah solusinya? Read More...
Selama ini dokter gigi mengandalkan lampu bawaan dari dental unit tapi lampu memiliki kelemahan cakupan sinar yang terbatas, panas serta silau sehingga kurang nyaman untuk pasien. Kasus-kasus yang dihadapi dokter gigi dalam praktek sehari-hari membutuhkan seni dan presisi yang tinggi seperti pada preparasi kavitas atau finishing tumpatan terutama pada gigi – gigi belakang  sehingga  cahaya menjadi faktor krusial dalam mendukung performa dokter dan hasil pekerjaannya. Area kerja yang terang benderang selain memungkinkan dokter untuk melalukan prosedur dengan lebih sempurna dapat juga menghemat waktu karena akan mengurangi intervensi di  sela-sela prosedur hanya untuk mencari posisi lampu yang pas menerangi area kerja. Henpis Alegra with LED memberikan solusi sederhana tapi berdampak sangat menguntungkan bagi dokter, lebih nyaman untuk pasien, pekerjaan cepat selesai dengan lebih sempurna dan tidak begitu melelahkan.
Mengapa henpis Alegra dari W&H ini tampak sangat menarik?  Alegra adalah salah satu varian henpis keluaran W&H Austria, memiliki sumber cahaya yang dihasilkan secara mandiri tanpa memerlukan dental unit yang memiliki fasilitas fiber optik. keunggulan ini tentu saja akan sangat menguntungkan karena tidak semua dokter gigi atau klinik memiliki dental unit dengan jaringan fiber optic. Cahaya yang dimiliki Alegra dihasilkan oleh generator yang terpasang di dalam badan henpis (built in) yang kemudian menyalurkannya ke lampu LED dan menghasilkan cahaya yang sangat terang. Generator ini bekerja dengan mekanisme yang menyerupai dinamo sepeda, dengan putaran 9000 RPM akan menghasilkan cahaya terang  yang serupa dengan cahaya cerah siang hari. Dengan kualitas cahaya yang demikian maka akan mengurangi stress dan kelelahan mata karena mata telah terbiasa dengan intensitas cahaya tersebut. Intensitas sinar yang dikeluarkan tergantung dengan kecepatan putaran henpis, semakin cepat putarannya maka semakin terang. Meskipun demikian tidak berarti cahayanya akan menjadi sedemikian redup apabila digunakan pada kecepatan yang lebih rendah, pihak produsen mengklaim bahwa cahaya masih cukup memuaskan walau digunakan pada kecepatan rendah.
Karena memiliki generator yang bekerja serupa dengan dinamo sepeda maka kelemahan henpis ini tentu saja ketika tidak sedang digunakan. LED akan mati karena generatornya tidak berputar sehingga pengecekan hasil pekerjaan yang dilakukan masih harus menggunakan sumber cahaya dari lampu bawaan dental unit. Kelemahan ini tentunya tidak seberapa sebab banyak kelebihan yang ditawarkan yang sekiranya lebih valuable diantaranya tidak perlunya dental unit dengan fasilitas fiber optic  akan sangat mengurangi investasi tambahan yang cukup mahal. Hanya dengan henpis Alegra dengan LED dokter gigi dapat membawanya kemanapun dibutuhkan dan area kerja yang terang benderang akan selalu tersedia.
Kemudian bagaimana dengan sterilisasi, apakah Alegra dapat disterilisasi panas? Oleh pabriknya Alegra diklaim dapat disterilisasi panas atau autoclavable dan dapat pula didesinfeksi dengan alat thermo washer  jadi tidak perlu khawatir akan terjadi kerusakan pada komponen LEDnya.
Pertanyaan mengapa henpis Alegra sangat menarik tampaknya sudah terjawab, bagaimanan tidak? Selain dapat dipasang pada semua jenis dental unit sehingga dokter gigi bisa membawanya ke manapun ketika hendak praktek di lain tempat, Alegra dapat pula di sterilisasi dan tentu saja kemampuan utamanya dalam memberikan cahaya yang terang benderang seakan mata kita dimanjakan. Inovasi yang diterapkan pada Alegra terkesan menjawab kebutuhan yang sekian lama diinginkan oleh dokter gigi, sebuah solusi yang tidak lagi meninggalkan masalah dan tentu saja semakin memudahkan. Kemudahan akan mendorong dokter gigi untuk semakin sempurna dalam memberikan perawatan kepada pasien, mudah, efisien dan hasil pekerjaan yang makin sempurna, kalau sudah begini apa lagi yang dipikirkan? Ya sudah tentu Alegra Handpiece with LED.

No comments: