Trending Post...

Monday, May 2, 2011

3 MIX-MP ???...

Berawal dari makin seringnya penggunan terapi 3mix pada kasus-kasus dengan indikasi endodontik dan munculnya respon negatif dari pasien maka saya menulis artikel ini. 3MIX-MP, sebuah metode perawatan yang aslinya berjuluk LSTR (Lesion Sterilization and Tissue Repair) ini sangat cepat populer. Diterima sebagai
"alternatif" perawatan endodontik yang relatif merepotkan. Metode ini cepat diterima karena kemudahannya. Bayangkan semua kasus mulai dari pulpitis reversibel sampai dengan nekrose pulpa dapat dilakukan terapi dengan 3mix-MP.

Perawatan 3MIX yang diklaim menyerupai keberhasilan perawatan endodontik ini rupanya tidak semanis yang digembargemborkan. Singkatnya pada pasien-pasien yang saya tangani lebih dari 50% tidak tercapai tujuan perawatannya. Padahal pada pasien-pasien tersebut, dentin dan jaringan yang terdampak sudah saya bersihkan. Bandingkan dengan metode asli 3MIX-MP yang sengaja meninggalkan jaringan keras yang melunak dengan alasan dapat mengeras (rekalsifikasi). Klaim rekalsifikasi juga meragukan. Saya curiga bahwa penelitian aslinya memiliki kondisi pendukung yang berbeda dengan klinik kebanyakan di Indonesia. Sangat mungkin kebersihan alat dan ruangan diperhatikan atau bahan-bahan yang digunakan memiliki spesifikasi khusus. Read More


Namun demikian, saya tidak dalam posisi untuk menyalahkan 3mix-mp. Sebab bahan pasta antibiotik tersebut memang benar telah diteliti oleh ilmuwan dari Jepang dan dari Indonesia.  Kebetulan yang dari Indonesia adalah salah satu dosen saya di FKG UGM. Jika ada yang ingin membaca langsung jurnalnya silakan buka DI SINI . Apapun yang saya tulis di sini merupakan kenyataan klinis yang saya hadapi sekaligus merupakan sebuah kombinasi dari kemungkinan kesalahan prosedur yang saya lakukan. Sama sekali tidak ada maksud untuk menjustifikasi bahwa perawatan dengan 3MIX-MP sepenuhnya buruk. Sebab memang ada dari pasien saya yang memiliki respon positif terhadap perawatan dengan 3MIX-MP.
Tujuan saya hanya berbagi, keputusan final perawatan terhadap pasien sepenuhnya berada pada masing-masing praktisi.

Dikarenakan saya tidak menjustifikasi bahwa 3MIX adalah perawatan yang buruk maka tidak berarti pula saya mengunggulkan perawatan endodontik konvensional sebagai perawatan terbaik.  Perawatan terbaik bagi saya adalah yang pada akhirnya dapat mencapai tujuan akhir perawatannya. Yaitu pasien sembuh dan kembali berbahagia.

Itulah mengapa pada judul saya menulis 3MIX dengan tanda tanya. Hal itu berarti perawatan ini masih terbuka terhadap penilaian. Bukankah pada masa lalu perawatan endodontik dianggap perawatan yang "buruk" juga dibandingkan dengan pencabutan? jadi tidak menutup kemungkinan suatu saat dimana 3MIX-MP sudah benar-benar terstandar dapat menjadi sepopuler perawatan endodontik saat ini. Salam




2 comments:

computer zone said...

eh pak dokter gigi, kata orang kalo pada saat kencing atau buang air besar sambil meludah, gigi gampang bolong , bener nggak tuh

Anonymous said...

Sebenarny pnggunaan 3 mix harus benar2 dlakukan sesuai sop. Sy sudah mlakukan pada pasien banyak dan lebih 2 tahun bahkan ada yg lebih 3 th tdk ada keluhan. Hati2 dg produk 3 mix yg tdk bagus, di indonesia muncul bnyj produk2 3 mix sprti tak bertuan dan tak berijin. Ini mmbahayakan pasien. Lebih baik buat sendiri dan hasilnya sangat memuaskan