Trending Post...

Saturday, August 22, 2009

Puasa? Bau? nggak lagi dunks...!


Selamat datang bulan yang penuh ampunan, dan selamat menunaikan ibadah puasa bagi sahabat yang menunaikannya. Wah dari judulnya kayaknya kok nggak enak betul ya? tapi memang tidak bisa dipungkiri bahwa puasa memang akan ber"efek samping" salah satunya adalah bau mulut atau halitosis. hal ini merupakan sesuatu yang boleh dibilang wajar karena terjadi penurunan sekresi saliva/ludah pada orang yang sedang berpuasa. Akan tetapi bau mulut ini bagi sebagian orang akan terasa mengganggu atau bagi yang berpuasa pun akan merasa risih karena mulutnya berbau, tetapi sebenarnya ada kok cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi efek bau mulut, beberapa cara yang dapat dilakukan diantaranya adalah dengan menggunakan obat kumur yang berbahan dasar non-alkohol setelah sikat gigi sehabis makan sahur, tujuannya jelas yaitu untuk mengurangi konsentrasi bakteri ronggga mulut sehingga akan mengurangi aktivitas bakteri yang dapat menimbulkan bau mulut, penggunaannya cukup sekali sehari saja agar tidak mengganggu keseimbangan flora normal ronnga mulut. dalam hal ini juga dipilih obat kumur yang berbahan dasar non-alkohol sehingga tidak menyebabkan mulut semakin kering.
Sebenarnya dianjurkan untuk berkunjung ke dokter gigi untuk memeriksakan apakah terdapat faktor-faktor penyebab bau mulut, yang diantaranya adalah gigi yang berlubang, karang gigi, gigi yang mati dan membusuk, dll. Kondisi rongga mulut yang sehat dapat membantu mengurangi bau mulut. Kemudian jangan lupa sikat gigi 3 kali sehari yaitu setelah sahur, setelah berbuka dan sebelum tidur dan jangan lupa banyak2lah minum air putih saat sahur sehingga dapat mengurangi efek dehidrasi, tentu saja kondisi rongga mulut menjadi tidak begitu kering kalau banyak minum air putih.
Wah ternyata sederhana saja ya, sekali lagi selamat berpuasa bagi yang menjalankanya, semoga sukses dan lancar sampai saatnya Lebaran, amin....

No comments: